RESPIRASI DAN FOTOSINTESIS


Nama
Sri Handayani Nofiyanti
NIM
145100600111013
Jurusan
Keteknikan Pertanian
Kelas
H
Kelompok
H4
RESPIRASI DAN FOTOSINTESIS
6




PRE-LAB
1.      Apa yang anda ketahui tentang respirasi dan fotosintesis? Jelaskan!
Respirasi dalam ilmu biologi merupakan proses mobilisasi energi yang dilakukan makhluk hidup melalui proses pemecahan senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana. Pada proses ini akan menghasilkan energi yang disalurkan ke seluruh tubuh organisme melalui jaringan pembuluh. Tanaman menghirup CO2 pada respirasi, sedangkan hewan dan manusia menghirup O2 pada saat respirasi (Karmana, 2004). Respirasi merupakan proses katabolisme atau juga penguraian senyawa organik menjadi senyawa anorganik. Respirasi berjalan di dalam sel dan berlangsung baik secara aerobik maupun anaerobik. Pada respirasi aerob yang dibutuhkan adalah oksigen yang nantinya dapat menghasilkan energi serta karbondioksida. Sedangkan untuk respirasi anaerob oksigen tidak dibutuhkan sehingga menghasilkan senyawa karbon dioksida, misalnya alcohol, asam asetat serta sedikit energi (Lambers, 2005).
Sedangkan fotosintesis adalah proses utama penghasil makanan atau energi berupa karbohidrat yang didapat dari CO2, air, dan sinar matahari. Dari hasil fotosintesis terdapat zat sisa yang dilepas yaitu O2 (Karmana, 2004). Fotosintesis berasal dari kata foton yang berarti cahaya dan sintesis yang berarti penyusunan. Jadi fotosintesis adalah proses penyusunan dari zat organik H2O dan CO2 menjadi senyawa organik yang kompleks yang memerlukan cahaya. Fotosintesis hanya dapat terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari (Kimball, 2010).


2.      Jelaskan pentingnya proses respirasi suatu organisme!
Pentingnya proses respirasi suatu organisme adalah sel akan menggunakan oksigen untuk membantu mengubah makanan menjadi energi yang tersimpan. Tanpa transfer energi ini, sel-sel tidak dapat melakukan tugas-tugas penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme dan untuk menghasilkan ATP, NADPH, NADH, dan FADH untuk memenuhi kebutuhan energi sel. Sel membutuhkan energy untuk melakukan berbagai tugas dalam tubuh, termasuk menggerakkan otot, menjaga organ vital bekerja, dan pembelahan sel dan replikasi (Widyo, 2006).



3.      Jelaskan pentingnya fotosintesis bagi tanaman dan organism lain!
Fotosintesis merupakan proses yang sangat penting bagi tanaman dan organisme lain karena fotosintesis merupakan proses utama penghasil makanan atau energi berupa karbohidrat yang didapat dari CO2, air dan sinar matahari. Dari hasil fotosintesis terdapat zat sisa yang dilepas yaitu O2. Gas buangan ini sangat berguna untuk kelangsungan hidup organisme lainnya seperti hewan yang membutuhkan O2 dalam respirasinya. Gas O2 tersebut juga berfungsi untuk menjaga tingkat normal O2 di atmosfer (Hodge, 2010).

4.      Jelaskan perbedaan antara respirasi dan fotosintesis!
Perbedaan antara respirasi dan fotosintesis adalah
Respirasi :
·         Proses penguraian atau pembongkaran senyawa-senyawa yang kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana
·         Respirasi dapat dilakukan oleh seluruh organisme hidup
·         Respirasi menghasilkan bahan-bahan untuk keperluan/kebutuhan fotosintesis seperti CO2 dan air
·         Tidak membutuhkan energi / ATP

Fotosintesis:
·         Proses pembentukan senyawa kompleks dari senyawa-senyawa yang lebih sederhana
·         Fotosintesis hanya bisa dilakukan oleh organisme yang memiliki kloroplas dan beberapa organisme nonklorofil seperti algae dan beberapa jenis bakteri
·         Terjadi fotosintesis apabila bahan baku untuk fotosintesis telah terpenuhi yakni yang dihasilkan dari proses respirasi
·         Dibutuhkan energi
(Aryulina, 2005).


Tanggal
Nilai
Paraf Asisten











LAPORAN PRAKTIKUM
Praktikum 6. Respirasi dan Fotosintesis

1.      Jelaskan mekanisme perubahan warna indikator phenol red dalam pengujian zat sisa CO2 dalam respirasi!











2.      Tuliskan dan jelaskan hasil pengamatan zat sisa CO2 dalam respirasi
No.
Sampel
Perubahan warna phenol red
1
Tabung 1

2
Tabung 1

3
Tabung 1

4
Tabung 1

5
Tabung 1













3.      Jelaskan mekanisme kerja uji amilum dalam pengamatan peranan sinar matahari dan klorofil dalam proses fotosisntesis!











4.      Gambar dan jelaskan hasil pengamatan warna daun setelah uji amilum pada pengamatan peranan sinar matahari dalam fotosintesis!









5.      Gambar dan jelaskan hasil pengamatan warna daun setelah uji amilum pada pengamatan peranan klorofil dalam fotosintesis!










Kesimpulan















  
Daftar Pustaka

Aryulinna, D. 2005. Biologi Jilid 3. Jakarta : Esis
Hodge, R. 2010. Developmental Biology Metabolism. New York : FOF (Fact of File)
Karmana, O. 2004. Biologi Molekuler dan Sel. Yogyakarta : Grafindo Media Pratama
Kimball, John W. 2010. Biologi Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga
Lambers, Hans. 2005. Plant Respiration : From Cell to Ecosystem Vol. 18 dari Advances in Photosynthesis and Respiration. Springfield. Springer
Widyo, E. 2006. Biologi Jilid 1. Erlangga : Jakarta


Tanggal
Nilai
Paraf Asisten








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Spektrofotometer

Nama Sri Handayani N NIM 145100600111013 Kelas H Kelompok H1 BAB V I PENENTUAN ...